Kamis, 29 November 2012

Twitter

Belum Bisa Twitter? Sini Belajar! [update]

 

 

Yang namanya twitter sebenarnya emang udah ga baru lagi dan udah banyak yang make, banyak banget malah. Tapi, meskipun udah banyak yang make, tapi masih ada yang ga bisa mainya. Gue agak kagok juga ngeliat orang yang udah bikin akun Twitter, tapi ga di pake karena ga tau cara mainya. Apakah sebenarnya mereka keturunan Mak Lampir? Atau malah anak pembantunya Nyi Roro Kidul? Oh saya tidak tau menau soal itu.
Makanya posting hari ni gue bakalan ngebahas ‘BAGAIMANA CARA MENGGUNAKA TWITTER’ atau ‘HOW TO USE TWITTER’ atau ‘PRIWE CARANE NGANGGO TWITTER’ dan ini buat yang belum bisa main twitter biar ga di sangka keturunanya Mak lampir ataupun anak pembantunya Nyi Roro kidul (kayaknya ga ada hubunganya deh). Ok kita mulai, pasang sabuk pengaman, nyalakan mesin, dan jangan lupa bawa SIM dan STNK (lho?).
1. Cara Ngetweet
Kalo ini gue yakin, smua pasti udah bisa. Nenek-nenek salto aja bisa.
2. Mention
Nah, kalo mention ini samacam cara menghubingi teman kita. Caranya tinggal tulis @ di depan akun yang dituju. Misal kalian mau bilang ke gue, ‘Igo, lo ganteng banget!’ caranya tinggal tulis ‘@nandha Lo ganteng banget’
3. RT (Retweet)
Ini adalah bagian yang paling membingunkan buat para pemula, bahkan gue juga dulu bingung. Apa sih RT itu? RT adalah kependekan dari Retweet yang artinya mengulang. Jadi jika ada teman yang mention, lo tinggal nulis jawaban lo’ RT @<id temen lo> <tweet temen lo>’. Misal gue mau bales tweet lo yang ‘@agengindra lo ganteng banget!’ maka jika gue mau bilang ‘Emang, Baru tau?’ gue harus nulis ‘Emang, baru tau? RT @elo @nandha lo ganteng banget!’ Kalo masih ga ngarti, ini contoh lagi.
Gue nulis: Aku kesepian
cara bales:
kebetulan, mama saya juga lagi kesepian di kuburan. Tolong ditemenin ya! RT @nandha aku kesepian
atau
Gue nulis: Aku kelaparan
cara bales:
Sini kak, kebetulan di kulkas ku ada banyak cabe sama trasi RT @nandha: Aku kelaparan
4. Replice
Biasanya ditandai dengan simbol @ diatas tweet seseorang. Sama halnya dengan RT, replice merupakan salah satu cara membalas tweet orang lain, dengan cara yang lebih praktis, alias tidak perlu mengulang tweet orang seperti RT. Tinggal klik simbol @ dan kamu akan diarahkan ke replice kolom dan tulis balasan kamu pada orang lain. Tweet replies, biasanya ada tulisan (see replied) dibawahnya. Kalo diklik akan menuju ketweet orang yang kamu balas. Ga ngerti lagi?
Misal gue nulis: Aku ingin terbang!
Lo bales lewat replice: @nandha terbang aja sono, gue ga peduli (see replied)
Dan kalo see repliednya diklik, akan terbuka tweet gue yang ‘aku ingin terbang’.
Ga ngerti? Coba aja sendiri, praktek jauh lebih asik dari kata-kata. Well, jadi RT bukan satu-satunya cara, lebih baik pake repliece, cuman kalo emang mau membagikan tweet orang yang kamu balas, pake RT juga ga masalah. Bebas.
5. Hastag
Hastag adalah semacam link untuk mengubungkan kita ke orang lain yang kebetulan tema tweetnya sama kaya kita. Contoh hastag adalah #fakirasmara. Jadi hastag selalu di awali dengan # dan kata di belakangnya tidak menggunakan spasi (nyambung). Contoh tweet berhastag: Malam minggu cuma nonton tipi doang. Resmi deh jadi jomblo #fakirasmara.
6. Aplikasi Pendukung Jaringan Twitter
Ngetweet cuma lewat twitter.com jaman sekarang udah jadul abis. Why? Because sekarang udah banyak aplikasi pendukung twitter yang fasilitasnya lebih lengkap (udah bisa Mention dan RT otomatis) dan juga lebih mudah diakses di ponsel. Contoh aplikasi pendukung twitter adalah tweete, tuitwit. Kalo gue pribadi sih lebih suka make tuitwit karena tampilanya bagus dan akses ponselnya murah (iye, gue pelit). tuitwit juga masuk di nominasi Top 100  Asia aplication lho (sotoy abis). Kekurangan Tuitwit paling cuma over quota, jadi ga ada salahnya pake  tweete.
Selain itu, ada juga aplikasi kusus untuk beberapa broswer komputer seperti firefox dan google chrome. Kalo firefox, ada echofon, cariu aja di google. Nah kalo google chrome, ada banyak tapi gue paling suka pake chromed bird, bisa upload foto juga soalnya. Kalo mau cari, tinggal masukan keyword ‘google chrome ekstensi’ dan di halaman ekstensi pilih menu sosial.
Gitu aja deh, semoga postin kali ini memabantu kalian yang belum bisa main twitter. Lumayan lah biar ga di kira Keturunan Mak Lampir Atau anak Pembantunya Nyi Roro Kidul :D

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar